Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Hangus

Daftar Isi

Ternyata Telkomsel memiliki fitur mengaktifkan sendiri kartu prabayar yang telah hangus. Sehingga, kita tidak perlu ke GraPARI jika ingin menghidupkan kembali kartu yang telah hangus tersebut. Semuanya dapat kita lakukan sendiri dengan beberapa kali klik saja. Nah, beginilah cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang hangus dengan cepat dan mudah.

Dengan adanya fitur re-aktifasi ini, pelanggan Telkomsel yang jauh dari GraPARI dapat menghidupkan sendiri kartu Telkomsel prabayar mereka yang telah hangus.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Hangus


Syarat pertama untuk dapat mengaktifkan kembali nomor Telkomsel prabayar yang telah expire ini adalah status kartu Anda belum melewati periode waktu yang telah ditentukan oleh Telkomsel, yaitu tidak lebih dari 3 bulan sejak masa tenggang habis. Jadi segera lakukan aktivasi kembali, jika tidak maka Anda harus datang ke GraPARI.

Syarat yang kedua adalah menyiapkan nomor KTP dan nomor Kartu Keluarga yang telah digunakan untuk aktivasi pada kartu yang akan diaktifkan. Jadi pada saat pendaftaran kembali kartu yang telah diaktifkan tersebut harus menggunakan nomor KTP dan nomor KK yang sama.

Perlu diketahui, setelah nomor yang hangus diaktifkan kembali, sisa pulsa, kuota internet, kuota SMS, kuota telepon, Telkomsel Poin, dan bonus yang sebelumnya Anda miliki tidak akan dapat digunakan kembali alias hangus. Begitu juga skema tarif dasar di kartu Telkomsel Anda akan berubah sesuai kebijaksanaan Telkomsel.

Baik, langsung saja kita praktikkan bagaimana cara menghidupkan kembali kartu Telkomsel yang telah mati ini. Caranya sebagai berikut:


Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Hangus

  • Buka call dial, lalu ketik *888*89# kemudian tekan tombol panggil
*888*89#

  • Dari gambar di bawah, terlihat bahwa kartu Telkomsel dalam contoh postingan ini dalam status hangus. Untuk mengajukan permohonan reaktivasi, silakan ketik angka 1, lalu ketuk tombol Kirim
status nomor kamu hangus

  • Sebelum proses pengaktifan kartu diproses, kita akan dimintai persetujuan bahwa sisa pulsa, kuota internet, kuota SMS, kuota telepon, dan Telkomsel POIN akan hangus. Jika setuju, ketik angka 1 lalu ketuk tombol Kirim
sisa kuota hangus

  • Selanjutnya, silakan masukkan 16 digit Nomor Induk Kependudukan atau nomor KTP Anda, lalu ketuk tombol Kirim
masukkan nomor ktp

  • Setelah nomor KTP dimasukkan, selanjutnya masukkan nomor KK atau nomor Kartu Keluarga Anda
masukkan nomor kartu keluarga

  • Jika permintaan reaktivasi kartu Telkomsel Anda disetujui, maka Anda akan menerima SMS yang berisi Permintaan reaktivasi prabayar telah diterima. Mohon tunggu 1x24 jam lalu lakukan registrasi ulang dengan format: REG<spasi>NIK#NoKK# kirim ke 4444
sms reaktivasi


  • Setelah kurang lebih 10 jam, saya coba melakukan registrasi, dan berhasil. Ternyata tidak sampai 24 jam, kartu saya yang hangus sudah hidup kembali.
registrasi ulang kartu telkomsel berhasil

  • Setelah kartu aktif kembali, masa aktif yang diberikan oleh Telkomsel pada kartu tersebut adalah selama 1 bulan, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
masa aktif telkomsel telah bertambah

Semoga setelah mengetahu langkah demi langkah cara mengaktifkan kartu Telkomsel prabayar yang telah expire di atas, kini Anda bisa mengaktifkan kartu Telkomsel yang telah mati atau hangus.